Selasa, 12 November 2019

Modem Untuk SMS Gateway

  Pada artikel kali ini kita akan mengulas tentang Bagaimana sih Tipe Modem Untuk SMS Gateway? Nah, anda pasti tidak asing dengan istilah modem. Apasih itu modem?. 
Modem merupakan singkatan dari Modulator Demodulator. Dimana kedua kata ini memililiki arti yaitu Modulator merupakan bagian yang berfungsi untuk mengubah sinyal informasi menjadi sinyal pembawa yang siap dikirimkan, sedangkan arti dari Demodulator merupakan bagian untuk memisahkan antara sinyal informasi dari sinyal pembawa yang diterima dengan baik. Dengan kata lain, Modem adalah jenis alat komunikasi dua arah. Pada zaman sekarang ini 
Seiring berkembangnya zaman, zaman semakin maju dan semakin dilengkapi dengan teknologi teknologi yang canggih terutama teknologi. Dimana internet sudah memiliki jangkauan yang luas bahkan bisa diakses ke seluruh pelosok indonesia.  perkembangan internet sudah semakin mudah diakses. Alat penyedia sinyal internet ini disebut dengan modem. Dengan modem ini kebutuhan dalam mengakses internet menjadi mudah bahkan sangat berpengaruh baik membuat kinerja yang berhubungan dengan internet semakin mudah.

Fungsi Modem
  • Alat pengubah sinyal digital menjadi sinyal analog
  • Menghubungkan perangkat dalam jaringan
  • Melakukan kegiatan modulasi dan demodulasi
  • Melakukan pemeriksaan paket data dan komunikasi
  • Melakukan kompres data yang dikirimkan melalui sinyal
Jenis-Jenis Modem
Modem memiliki beberapa jenis diantaranya yaitu : Modem Eksternal, Modem Internal, Modem ISDN, Modem GSM, Modem Analog, Modem ADSL, Modem Kabel, wireless Modem, mpdem CDMA.

Nah, pada SMS Gateway Modem yang digunakan untuk SMS Gateway yaitu Modem GSM.
Modem GSM adalah jenis modem yang menggunakan telepon seluler sebagai media sistem untuk transfer data. Modem GSM biasanya didukung dengan menggunakan kartu koneksi yang mendukung provider yang memiliki sifat GSM. Modem Sms gateway itu modem yang berfungsi untuk mengirim sms, untuk dapat mengirim sms menggunakan simcard atau kartu, sehingga pengiriman sms menggunakan biaya pulsa tidak pakai koneksi internet atau jaringan data internet. ada banyak modem sms yang suport untuk sms gateway diantaranya adalah sebagai berikut Modem Wavecom, Huawei, ZTE, Prolink, Vodafone, Sierra, dan lainnya. 
Dan Modem yang support pada Software SMS Gateway Aretasoft yaitu :
Huawei = Seri  E173, E153, E160, E3131,
ZTE =  MF190, MF626,
VODAFONE = K3765
PROLINK = PHS100
WAVECOM= 1306B, SIMBOX LEKA, SIMBOX MODEM POOL, 8 PORT, 16 PORT.


Jika anda ingin mengetahui bagaimana cara melihat tipe modem, maka lakukan cara berikut:
  • periksa bagian belakang hardware Modem anda, dan anda akan menemukannya. seperti contoh digambar.
Demikian artikel tentang Modem Untuk SMS Gateway yang bisa kami paparkan. Semoga bermanfaat.
banner
Previous Post
Next Post

0 komentar: